Arab Saudi: Haji 2021 Cuma 60 Ribu Orang, Bagi Warga Lokal dan Mukim

Pemerintah Arab Saudi kesimpulannya memutuskan calon jemaah yang dapat melakukan ibadah haji 2021 ataupun 1442 H.

Pemerintah Saudi melaporkan, calon jemaah yang dapat menjajaki ibadah haji tahun ini cumalah masyarakat lokal dan WNA yang telah menetap di Saudi.

Memandang pertumbuhan pandemi COVID-19 yang terus merebak serta timbulnya mutasi baru, registrasi haji 1442 H hendak dibatasi cuma buat mukimin (ekspatriat) serta masyarakat Arab Saudi dari dalam negara,” tulis Kementerian Haji serta Umrah Arab Saudi dalam pengumumannya di Twitter, Sabtu (12/ 6).

Kebijakan ini sama semacam tahun tadinya. Tetapi pada tahun ini, terdapat kenaikan calon jemaah yang dapat menjajaki ibadah haji.

Tahun kemudian, jemaah haji dekat 1.000 orang. Sebaliknya pada ibadah haji 1442 H, Arab Saudi mengizinkan calon jemaah menggapai 60 ribu orang.

Tetapi, terdapat beberapa ketentuan yang wajib dipadati calon jemaah haji. Salah satunya soal vaksinasi.

Calon jemaah yang mau mendaftar Haji 1442 H wajib masuk jenis berikut: telah divaksinasi, telah divaksin 1 dosis minimun 14 hari saat sebelum registrasi, ataupun orang yang divaksinasi pulih dari peradangan,” ucap Kementerian Haji serta Umrah.

Kementerian Haji serta Umrah membenarkan ketentuan ibadah haji tersebut diresmikan demi membenarkan kesehatan, keselamatan, serta keamanan jemaah.

Jemaah haji melindungi jarak sosial dikala melaksanakan Tawaf terakhir mereka, mencirikan berakhirnya ibadah haji, di Makkah, Arab Saudi, (2/8). Gambar: Sultan Al- Masoudi/ Handout via REUTERS

Dikenal tahun kemudian ibadah haji pula dikhususkan untuk masyarakat lokal serta ekspatriat yang menetap di Saudi, jumlahnya dekat 1.000 orang. Mereka terpilih sehabis mendaftar secara online buat setelah itu dipilih.

Jemaah dari Indonesia yang lolos pilih dikala itu sebanyak 16 orang, tetapi cuma 14 orang yang dapat menuntaskan ibadah sebab 2 yang lain terserang corona.

Ada pula dalam penyelenggaraan haji tahun ini, Indonesia serta Singapore tidak mengirimkan calon jemaah. Perihal itu diakibatkan masih tingginya permasalahan corona di dunia serta mepetnya waktu persiapan.

Sebaliknya negara- negara yang lain, semacam Malaysia, Pakistan, serta India, memilah menunggu pengumuman formal dari pemerintah Arab Saudi.

Bulan kemudian, timbul pesan edaran Kemenkes Arab Saudi yang merekomendasikan haji diiringi 45 ribu jemaah luar negara serta 15 ribu jemaah dalam negara. Tetapi, pesan itu dinyatakan bukan data formal.

Default image
Fathurrahman
Owner https://tadjwid.com - Pribadi yang agak sungkan jika bertemu dengan banyak orang disekitar, terus bermuhasabah diri. Salam Kenal 🤝
Articles: 52

Leave a Reply

x