Apa itu Qanaah? Berikut Penjelasan Lengkapnya Dalam Islam

Apa itu qanaah? Makna qanaah sendiri dalam Islam merupakan sifat yang menunjukkan rasa syukur seorang. Qanaah ialah perilaku yang merasa lumayan atas seluruh nikmat yang sudah diberikan serta senantiasa ridho atas hasil yang sudah didapatkan.

Tetapi, butuh diluruskan kalau qanaah pula bukan berarti cuma pasrah begitu saja. Seorang yang miliki sifat ini pastinya pula melaksanakan ikhtiar, serta senantiasa tawakal atas hasil yang dicoba dari tiap usahanya.

Sifat qanaah membuat seorang tidak lalai dalam bersyukur. Serta menjauhkan diri dari ketamakan hendak duniawi. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam suatu hadits.

Lihatlah orang yang di bawah kalian dan janganlah melihat orang di atas kalian, karena yang demikian itu lebih layak bagi kalian agar kalian tidak memandang hina nikmat Allah yang dilimpahkan kepada kalian.” (Muttafaqun Alaih)

Dari uraian di atas, hingga tidak heran di dalam agama Islam, qanaah sendiri ialah salah satu sifat yang butuh kita teladani dan jalani di dalam kehidupan tiap hari.

Di mana seorang wajib berupaya sebaik bisa jadi dan mengusahakan suatu dan tidak kurang ingat buat terus meminta pertolongan dan kebaikan dari Allah SWT.

Tidak cuma itu pula, meneladani sifat qanaah pula berarti menerima seluruh syarat Allah dengan luas dada dan penuh rasa syukur. Supaya bisa mengenali secara rinci, berikut ini kami sudah rangkum makna qanaah dalam islam dan khasiatnya, yang dikutip dari Dream.

Apa Itu Pengertian Qanaah?

©Pixabay/AveCalvar

Secara bahasa, makna qanaah sendiri mempunyai makna merasa lumayan ataupun rela. Sebaliknya, bila dimaksud secara sebutan, qanaah sendiri mempunyai makna merasa lumayan dan rela menerima apa yang diberikan oleh Allah SWT.

Seorang yang sudah meyakini sifat qanaah dalam hidupnya hendak senantiasa dipadati oleh rasa syukur di dalam hatinya. Tiap suatu serta usaha yang ia jalani, hingga dia hendak tetap menerima hasilnya.

Sifat inilah yang harusnya dipunyai oleh tiap umat muslim. Manfaatnya merupakan supaya mereka senantiasa merasa lumayan atas seluruh rezeki yang sudah Allah SWT bagikan, sehingga tidak lagi meringik atas usaha apapun yang sudah dicoba.

Manfaat Miliki Sifat Qanaah

1. Seakan Sudah Memperoleh Dunia Dan Isinya

Seorang yang sudah miliki sifat qanaah hendak senantiasa merasa lumayan dengan apa yang ia miliki. Ataupun apalagi dia hendak merasa kalau dunia dan isinya seakan sudah terasa lumayan atas harta yang dia miliki.

Dari ’Ubaidillah bin Mihshan Al- Anshary, Rasulullah SAW bersabda:

Barangsiapa di antara kalian mendapatkan rasa aman di rumahnya (pada diri, keluarga dan masyarakatnya), diberikan kesehatan badan, dan memiliki makanan pokok pada hari itu di rumahnya, maka seakan-akan dunia telah terkumpul pada dirinya.” (HR. Tirmidzi)

2. Hidupnya Senantiasa Bersyukur

Makna qanaah sendiri tidak hendak jauh dari rasa bersyukur tiap usaha yang sudah dicoba. Sifat qanaah sendiri hendak mengarahkan buat senantiasa bersyukur atas seluruh nikmat yang sudah Allah bagikan.

Rasa syukur tersebut hendak wajib senantiasa ditanamkan di dalam hati.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda bersabda:

Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah ini). Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.” (HR. Muslim)

3. Jadi Orang yang Beruntung

Makna qanaah itu sendiri hendak membuat sifat seorang yang senantiasa menanamkan bila dirinya ialah seorang yang senantiasa beruntung.

Sebabnya, sebab dia tidak hendak sempat sekalipun merasa kekurangan. Ia hendak senantiasa merasa apa yang sudah diberikan sudah lumayan.

Dari Abdullah bin Amr, Rasulullah SAW bersabda:

Sungguh sangat beruntung orang yang telah masuk Islam, diberikan rizki yang cukup dan Allah mengaruniakannya sifat qana’ah (merasa puas) dengan apa yang diberikan kepadanya.” (HR. Muslim)

4. Bebas dari Rasa Iri dan Dengki

Mempunyai sifat qanaah hendak senantiasa melindungi diri kita dari iri dan dengki kepada sesama. Sebab, dia sudah merasa telah lumayan atas seluruh yang dimilikinya.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

Umatku akan ditimpa penyakit berbagai umat. ”Para sahabat berkata, “Wahai Rasulullah, apa saja penyakit umat-umat (terdahulu)?” Rasulullah berkata, “ Kufur Nikmat, menyalahgunakan nikmat, saling berlomba memperbanyak dunia, saling berbuat najsy (mengelabui dalam penawaran, pen.), saling memusuhi, dan saling hasad-menghasadi hingga timbulnya sikap melampaui batas (kezaliman).” (HR. Al-Hakim)

5. Terbiasa dengan Pola Hidup Sederhana

Makna qanaah sendiri yang terutama merupakan dapat membuat seorang terbiasa hidup simpel.

Walaupun, sesungguhnya mereka sanggup buat memperlihatkan harta kekayaannya yang sudah dimiliknya, tetapi dia senantiasa jadi seorang yang rendah hati dan simpel. Sebab tujuan utamanya tidaklah sekedar mencari harta duniawi.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

Bukannya kekayaan (orang kaya) itu karena banyaknya harta, melainkan kekayaan (orang kaya) yang sebenarnya adalah kaya hati”. (HR Bukhari dan Muslim)

Nah, demikianlah penjelasan mengenai apa itu qanaah dalam Islam beserta manfaat yang kita peroleh jika di dalam diri kita memiliki sifat qanaah, masyaaAllah.

Default image
Fathurrahman
Owner https://tadjwid.com - Pribadi yang agak sungkan jika bertemu dengan banyak orang disekitar, terus bermuhasabah diri. Salam Kenal 🤝
Articles: 28

Leave a Reply